Pantai Klayar Pacitan: Harga Tiket Masuk dan Lokasinya

Pantai Klayar Pacitan: Harga Tiket Masuk dan Lokasinya

5 (100%) 5 votes

Harga tiket masuk Pantai Klayar, siapa yang tidak mengenal pantai ini. Pantai yang begitu indah, bisa dibilang Klayar adalah salah satu pantai surga Pulau Jawa. Bagaimana tidak, ketika kita berkunjung ke pantai ini, kita akan disuguhi indahnya pemandangan alam yang begitu menajubkan.

Lokasi Pantai Klayar Pacitan

Pantai yang terletak sekitar 40 km ke arah barat dari arah Pacitan kota, tepatnya di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan ini memiliki medan perjalan yang cukup membuat kita diguncang. Jalan yang naik turun dengan dihiasi deretan bukit dan gua-gua kecil yang terlihat stalaktit dan stalakmit dan juga melewati perkampungan dan kadang jalan yang berlubang membuat kita harus berhati-hati.

Apalagi ketika hari libur, jalan menuju Klayar sangat ramai apalagi jalur pantai ini satu jalur dengan Gua Gong yang merupakan salah satu wisata unggulan Pacitan. Tetapi rasa capek selama perjalanan akan terbayar lunas ketika kita sampai di Pantai Klayar ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Klanyar Pacitan

Harga tiket masuk Pantai Klayar cukup murah hanya sepuluhribu rupiah saja, tetapi untuk menikmati indahnya seruling samudra pengunjung dikenai biaya tambahan, yaitu duaribu rupiah saja. Harga yang cukup murah untuk menikmati keindahan dan eksotisme Pantai Klayar ini.

Ketika hari biasa hanya ada nelayan, warga sekitar pantai dan beberapa pengunjung saja yang bersedia mampir ke pantai ini. Kadang pengunjung merasa berada di pantai pribadi, jauh dari keramaian da hanya mendengar suara angin dan ombak. Tetapi ketika hari libur pantai ini dipenuhi dengan banyak pengunjung. Sampai-sampai mau gantai bajupun harus antri. Wajar saja karena pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Ratusan pengenjung rela menempuh penjalanan jauh untuk menikmati eksotis dan indahnya Pantai Klayar

Mitos Pantai Klayar Pacitan

Pasirnya yang putih, birunya air laut, karang yang membentuk tebing dengan arsitektur yang artistik menyerupai Sphinx ditambah lagi ombak yang cukup besar mengelinding ke arah pantai dan juga tepi pantai yang memiliki deretan pohan kelapa yang menjulang tinggi menjadikan Pantai Klayar sangat sempurna. Selain itu Klayar juga memiliki fenomena alam yang sangat unik yaitu, Seruling Samudra.

Seruling samudera sendiri merupakan fenomena alam, di mana terdapat cekungan pada bagian bawah tebing atau bebatuan yang ada di tepi pantai.

Ketika cekungan ini diterjang oleh ombak laut, maka air laut akan keluar dan menyembur ke permukaan melalui sela-sela bebatuan dan mengasilkan suara merdu bagai seruling.

Karena Klayar memiliki pasir yang putih dan air laut berwarna biru agak gelap, sehingga membuat kita sangat ingin bermain di sana, berenang di tepian pantai. Ombak pantai Klayar cukup besar sehingga membuat kita harus berhati-hati ketika bermain air di sana.

Di Klayar juga terdapat bagian yang bisa disebut juga anak pantai, anak pantai ini langsung terbuhung dengan laut dan memiliki ombak yang cukup dahsyat. Apalagi ketika ombak itu mengenai karang yang menjulang tinggi dan menimbulkan air mancur alami, tingginya bias mencapai sepuluh meter, sungguh menakjubkan.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir jika kehabisan bekal makanan dan minuman. Layaknya tempat wisata lainnya, Pantai Klayar juga menyediakan warung untuk sekedar beristirahat dan bersantai atau untuk mengisi tenaga setelah abis terkusar ketika bermain dengan putihnya pasir dan birunya air laut.

Namun, yang di sayangkan dari Klayar adalah belum adanya penginapan di area pantai. Jadi untuk pengunjung yang ingin menginap harus mencari penginapan yang letaknya cukup jauh dari area Pantai Klayar. Selain itu belum ada angkutan khusus yang membawa membawa penumpang ke pantai ini, sehingga pengunjung harus mengunakan kendaraan pribadi untuk bias menikmati Pantai Klayar.

Leave a Comment